Senin (26/03/2018) Sat Brimob Polda Jabar menggelar Apel Kesiapsiagaan dalam rangka menghadapi empat event besar nasional.

Apel kesiapsiagaan ini dipimpin oleh Wakasat Brimob Polda Jabar dan dalam arahannya beliau menyampaikan agar seluruh anggota siapsiagaan untuk melaksanakan pengamanan beberapa event nasional yang akan dilaksanakan beberapa waktu ke depan. Empat event nasional tersebut antara lain : Pengamanan Asian Games Tahun 2018, Pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2018, Pengamanan Rapat Tahunan IMF Tahun 2018 dan PEMILU Tahun 2019 yang akan dilaksanakan di daerah Jawa Barat.

Seperti halnya Asian Games Tahun 2018, ada beberapa venue yang dilaksanakan di wilayah hukum Polda Jawa Barat antara lain :
1. Sepak bola di Stadion Sijalak Harupat kab. Bandung dan Stadion Pakansari Kab. Bogor.

2. Paralayang / paragliding di Gunung Mas Puncak Kab. Bogor.

3. Sepeda gunung di Kab. Subang

4. Roler skate di Gor Saparua Bandung

5. Canoe slalom di Bendung Rentang Kab. Majalengka

Semua event ini melibatkan pengamanan personil dari Sat Brimob Polda Jabar sebanyak 765 personil yang terbagi dalam dua satgas : satgas sterilisasi dan satgas pengamanan PHH.

Pengamanan pilkada serentak pemilihan gubernur dan wakil gubernur prov. jawa barat pemilukada kab. tasikmalaya, kuningan, subang, sumedang, ciamis, purwakarta, cirebon, banjar, bogor, bekasi dan kota bandung  akan dilaksanakan oleh Sat Brimob Polda Jabar untuk mengantisipasi terjadinya konflik antar pendukung pasangan calon yang dapat mengarah kepada kerusuhan ketegangan konflik sosial.

Gangguan kejahatan berintensitas tinggi kemungkinan besar akan terjadi menjelang pemilu Legislatif dan Pilpres tahun 2019 yang diprediksi akan timbul ancaman–ancaman yang berdampak kepada terganggunya keamanan dan ketertiban masyarakat serta stabilitas nasional antara lain terjadinya konflik dan ketegangan sosial yang memicu kepada terjadinya konflik horizontal/sara.

Diakhir sambutannya Wakasat Brimob Polda Jabar menyampaikan pesan-pesan dari Kasat Brimob Polda Jabar kepada seluruh jajaran agar senantiasa melaksanakan latihan kemampuan baik perorangan maupun kesatuan secara rutin dan senantiasa melaksanakan pengecekan personil, peralatan dan perlengkapan untuk menghadapi tugas yang akan datang serta jaga selalu kesehatan agar dalam melaksanakan tugas selalu fit dan bugar.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *