Hari raya Iduladha 1441 Hijriah tahun ini akan jatuh besok, Jumat 31 Juli 2020. Hari ini Kapolda Jabar Irjen. Pol. Drs. Rudy Sufahriadi mendampingi Wakapolri melakukan kunjungan ke Pos Pam Cikopo, Purwakarta, untuk mengecek kesiapan pengamanan arus mudik dan balik Iduladha 2020.

 

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memastikan pelaksanaan pengamanan Ops Patuh Lodaya 2020 di wilayah Jabar berjalan dengan tepat sasaran dan berlangsung baik, mengingat intensitas pergerakan orang menjelang hari Raya Idul Adha 1441 H meningkat, sehingga kegiatan ini diharapkam dapat menyamakan persepsi terkait antisipasi arus mudik di wilayah hukum Polda Jabar.

Dalam kegiatan dimaksud Wakapolri, Komjen Gatot Eddy Pramono mengatakan terjadi peningkatan arus lalu lintas hingga 39 persen di jalur Tol Jakarta-Cikampek dan jalur Tol elevated.

“Semua terpantau lancar. Tak ada kejadian laka lantas yang menonjol atau gangguan kriminal yang menonjol,” ujarnya, Kamis (30/7/2020).

 

Meski begitu, jika dibandingkan dengan arus mudik lebaran Idul Adha tahun lalu, Wakapolri menjelaskan ada peningkatan kepadatan mencapai 39 persen. Hal itu dikarenakan libur Idul Adha bersamaan dengan libur akhir pekan. “Kalau kita bandingkan dengan tahun lalu, ada sedikit peningkatan 39 persen. Kenapa meningkat? Nah ini pas kebetulan Sabtu Minggu ada libur 3 hari. Jadi ada masyarakat yang manfaatkan untuk pulang kampung atau liburan ke tempat wisata yang memang sudah diizinkan buka sesuai ketentuan yang diatur oleh pemda masing-masing,” jelasnya.

Sejumlah langkah-langkah, kata Gatot, telah dipersiapkan untuk mengantisipasi bila terjadi kemacetan atau gangguan keamanan lainnya yang tentu dengan persuasif dan humanis. “Sejumlah titik kemacetan kami akan buat batas-batas jika diperlukan, contraflow pun bisa dilakukan,” ucapnya.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *