Tanaman beberapa jenis sayuran bantuan Kepolisian Resor Kuningan di tengah pandemi Covid-19 di Desa Karangsari, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, kini telah menuai hasil.

Pada panen raya di ladang sayuran hasil tanaman tersebut,  terhitung telah membuahkan hasil  panen  sedikitnya 48 ton kubis, 10 ton tomat, dan sekitar 28 ton sawi.

Kepala Kepolisian Resor Kuningan Lukman Syafri Dandel Malik seusai mengawali pemetikan perdana hasil tanaman tersebut, menyebutkan, penanaman  beberapa jenis sayuran di desa tersebut dilakukan Polres Kuningan  bekerja sama dengan kelompok tani setempa

“Ini program ketahanan pangan Polres Kuningan bekerja sama dengan kelompok tani yang ada di Desa Karangsari. Hasil panennya semua kami serahkan kepada masyarakat untuk kebutuhan konsumsi atau sisanya mereka jual untuk membantu kebutuhan ekonomi mereka,” ujar Kapolres, lalu menyebutkan program itu dilakukan Polres Kuningan dalam rangka menjaga ketahanan pangan masyarakat menghadapi pandemi Covid-19 dengan dukungan dari para pihak, diantaranya TNI, Pemda Kuningan, dan masyarakat setempat.

Kepala Desa Karangsari Nana Sumarjana didampingi Sekdes Dede Rokanda menerangkan, luas lahan yang dijadikan tanaman beberapa jenis sayuran bantuan Polres Kuningan di desanya itu mencapai lebih dari 2 hektare pada lahan milik 20 orang masyarakat di Blok Pasirbatang.

“Bantuannya antara lain berupa bibit, pupuk, dan obat-obatan, serta selama masa pemeliharaannya juga hampir setiap dua hari sekali selalu dikontrol langsung Babinkamtibmas dari Polsek Darma,” ujar Nana Sumarjana.

Nana Sumarjana maupun Dede Rokanda menyebutkan, program tersebut dirasa sangat membantu dan menguntungkan masyarakatnya, terutama kepada para petani yang turut memanfaatkan bantuan itu.  “Selain mendapat bibit, pupuk, dan obatan-obatan gratis, hasil panennya tanamannya juga bagus. Untungnya lagi bagi petani, harga jual jenis-jenis sayuran itu sekarang lagi bagus,” kata Dede Rokanda, dibenarkan juga sejumlah petani yang ditemui Pikiran-rakyat.com, di sela-sela acara panen raya tersebut.

Kapolres lebih lanjut menyebutkan, selain memberikan bantuan penanaman dan pemeliharaan anek sayuran di desa tersebut, melalui program ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19, Polres Kuningan juga telah memberikan dan menebar puluhan ribu bibit ikan nila, mas, dan lele di sejumlah kolam masyarakat di Desa Bakom, Kecamatan Darma.

“Selain itu, program ketahanan pangan Polres Kuningan di tengah pandemi Covid-19 seperti ini dilakukan  juga di Polsek-Polsek Jenis komoditas yang ditanam melalui program ketahanan di wilayah-wilayah kerja Polsek dipilih sesuai jenis tanaman yang cocok dengan kondisi tanah dan iklim nya. Misalnya di Polsek Jalaksana jenis tanaman yang ditanamnya ada kangkung dan singkong. Kemudian di Polsek Cibingbin di antaranya menanam jagung, dan di Polsek Kuningan kota penebaran dan pembesaran ikan di kolam,” kata Kapolres

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *