Dalam rangka mendukung upaya pemerintah dalam percepatan vaksin PMK (Penyakit Mulut dan Kuku), Polsek Kertajati Polres Majalengka Polda Jabar melakukan pendampingan dan pengamanan proses vaksinasi terhadap hewan ternak dalam rangka Ops Aman Nusa II.

Jajaran Kepolisian Polsek Kertajati Polres Majalengka Polda Jabar turut aktif turun tangan dalam penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menjangkit hewan ternak. Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kanit Binmas Polsek Kertajati Polres Majalengka Polda Jabar Aiptu Dede Bachtiar dan Bhabinkamtibmas Aipda Djon Amran mendampingi Petugas Vaksinator PMK dari Dinas Peternakan di Kandang Hewan Ternak Sapi Milik Warga di Kecamatan Kertajati Kabupaten. Majalengka,Jumat (29/7/2022).

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Ibrahim Tompo S.I.K., M.Si mengatakan bahwa pengecekan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi mewabahnya virus penyakit mulut dan kuku terhadap hewan ternak .

Beberapa hari terakhir pihaknya bersinergi dengan Dinas peternakan Kabupaten Majalengka dan stakeholder terkait melakukan vaksinasi terhadap hewan ternak yang ada di wilayah Kecamatan Kertajati Kabupaten Majalengka.

Dalam prosesnya, petugas gabungan mendatangi masing-masing pemilik hewan ternak kemudian melakukan penyuntikan vaksin. Tidak berhenti disitu, petugas juga melakukan penyemprotan disinfektan pada kandang hewan ternak baik komunal maupun pribadi.

Sementara itu, Kapolres Majalengka Polda Jabar AKBP Edwin Affandi mengatakan, “untuk tenaga Kepolisian, tugas utama adalah pengamanan agar kegiatan vaksinasi bisa berjalan dengan aman dan lancar.”

“Bukan itu saja, petugas Kepolisian dalam setiap penugasannya juga melakukan sosialisasi dan edukasi penanganan PMK kepada masyarakat ”ungkapnya.

Ia berharap, dengan vaksinasi ini bisa menekan tingkat kematian hewan ternak akibat terjangkit PMK.”harapnya.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *