Sebuah bom militer jenis mortir diduga sisa perang dunia ke 2 ditemukan di area proyek pembuatan komplek pemakaman oleh para pekerja di wilayah Telukjambe Kabupaten Karawang.

Komandan Satuan Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., menyampaikan bahwa Penemuan ini bermula dari hasil laporan kepala proyek yang mendapat kabar dari para pekerjanya, bahwa telah ditemukan benda yang dicurigai mirip dengan bom pada saat mereka melakukan penggalian tanah. Hal ini kemudian masyarakat langsung melaporkan temuan tersebut ke polse Telukjambe

Tak berselang lama, unit penjinak bom tiba di TKP dan langsung bergerak dengan memeriksa dan mengamankan temuan bom milter yang masih aktif tersebut

“Masih aktif, dan berbahaya bisa meledak apabila bom tersebut salah dalam penanganannya,” ujar AKP Sanhaji Singkat.

Setelah diadakan pemeriksaan, maka diputuskan bom tersebut dibawa ke mako Satbrimob Polda Jabar untuk dilakukan penghancuran (disposal) menghindari bahaya ledakan yang bisa terjadi kapanpun

Kapolsek Telukjambe, Kompol Andrian Nugraha mengatakan hasil koordinasi dengan unit jibom kita putuskan disposal di tempat mereka (mako Satbrimob Polda Jabar).

“Dengan pertimbanagan keselamatan, maka bom tersbut akan kita lakukan disposal di tempat mereka, nanti pelaksanaannya akan kita dampangi oleh bebrapa anggota polsek dan untuk dibuatkan surat serah terima barang buktinya juga,” ujarnya.

Setelah di amam di mako Satbrimob Polda Jabar, granat tersebut lagsung dilaksanakan pndisposalan sehingga bom tersebut menjadi hancur, tidak aktif dan tidak membahayakan masyarakat.

Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., juga menambahkan “kegiatan pengamanan ini merupakan salah satu bentuk Bakti Brimob Polda Jabar untuk masyarakat dalam menghadirkan Negara di tengah-tengah masyarakat”.

“Ini merupakan wujud Bhakti Brimob Polda Jabar dalam hal ini di wilayah Karawang, untuk menciptakan rasa aman dan nyaman serta kedekatan emosional antara Brimob dengan Masyarakat ″, ujarnya Kombes Pol. Yuri Karsono.

Ia juga menegaskan “ Kita harus waspada dan kita harus melindungi masyarakat, khususnya Jawa Barat karena kita merupakan anggota Polri yang mempunyai kewajiban melindungi masyarakat dari segala macam bahaya” Tutupnya.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *