Kegiatan monitoring dan pengecekan terkait maraknya virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak terus digencarkan aparat Kepolisian setempat. Kali ini kegiatannya dilakukan oleh Polsek Sukabumi Polres Sukabumi Kota di salah satu kandang milik warga di Kampung Selabintana Wetan, RT13 RW04, Desa Sudajaya Girang, Kecamatan/Kabupaten Sukabumi, Kamis (23/6/2022).

“Menjelang hari raya Idul Adha tahun ini, kami melaksanakan kegiatan monitoring dan pengecekan kepada salah satu peternak sapi, Hadi (47), dalam rangka antisipasi penyebaran virus PMK,” ujar Kapolsek Sukabumi, AKP Enita Dwi Cahyawaty, kepada media.

Dalam kegiatan monitoring dan pengecekan tersebut, kata Enita, mendapatkan keterangan dari pemilik bahwa hewan ternak sapi miliknya rutin dilakukan pemeriksaan dan dalam pengawasan. Begitupun untuk kondisi keseluruhan dalam keadaaan sehat.

“Sapi milik pak Hadi yang berjumlah 22 ekor ini semuanya rutin dilakukan pemeriksaan. Kondisinya juga saat ini dalam keadaan baik dan sehat. Tidak ada yang sakit,” jelasnya.

Untuk antisipasi penyebaran virus PMK, sambung Enita, pihaknya mengimbau kepada para peternak yang ada di wilayah hukum Polsek Sukabumi dalam memelihara hewan ternak harus rutin dilakukan pengecekan, agar hewan ternak tersebut dalam keadaan sehat.

“Kami juga mengimbau kepada para peternak apabila ada hewan ternak yang masuk dari luar Sukabumi itu, harus berkoordinasi dengan dinas terkait untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan guna meminimalisir dan memutus mata rantai penyebaran virus PMK,” pungkasnya.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *