Maksimalkan pelayanan terhadap masyarakat, Polres Banjar, Polda Jabar meluncurkan program Polisi Saba Bumi (PSB). Peluncuran PSB dilakukan langsung oleh Kapolres Banjar AKBP Ardiyaningsih, di halaman Mapolres Banjar, Jumat (19/11/2021).

Dan ini merupakan, satu strategi pemolisian masyarakat (Polmas) dengan mengangkat kearifan lokal Jawa Barat, khususnya di Kota Banjar.

 

Secara teknis, Kapolres Banjar AKBP Ardiyaningsih menjelaskan, PSB tersebut merupakan upaya kepolisian yang berorientasi pada pemecahan masalah.

Selain itu, satu kemitraan (problem solving dan partnership) yang menempatkan masyarakat sebagai mitra dalam mewujudkan kondusifitas kamtibmas.

“Polisi Saba Bumi ini menempatkan 1 RW (Rukun Warga) 1 Polisi, sehingga sebanyak 297 personel Polres Banjar disebar di RW-RW seluruh Kota Banjar,” ujar AKBP Ardiyaningsih, Jum’at (19/11/2021) siang.

 

Menurutnya, inovasi ini merupakan dalam rangka meningkatkan pelayanan Polri kepada masyarakat.

Kehadiran Polri di tengah-tengah masyarakat, diharapkan memberi rasa aman, serta mengoptimalkan personel Polri sebagai motor penggerak di ruang publik dan lingkungannya.

“Nantinya personel Polisi yang ditempatkan di RW tersebut, secara door to door mengunjungi rumah warga untuk berkomunikasi, mengedukasi, maupun sosialisasi, terhadap warga, dan warga dapat berkonsultasi berkaitan dengan tugas Kepolisian,” ujarnya.

Wali Kota Banjar, Ade Uu Sukaesih menyambut positif terhadap program PSB tersebut.

“Dengan 1 RW 1 Polisi, Insyaallah akan memberikan keamanan, kenyamanan, dan ketertiban di tengah-tengah masyarakat,” ucapnya.

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *