Polresta Cirebon menggelar Patroli Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD), Sabtu (13/11/2021) malam. Kegiatan tersebut dalam rangka PPKM Level 3, antisipasi geng motor, premanisme dan C3 (curat, curas, dan curanmor) di wilayah hukum Polresta Cirebon.

Dalam patroli yang dilaksanakan hingga Minggu (7/11/2021) dinihari tersebut, para petugas juga menggencarkan imbauan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Pasalnya, masih ditemukan warga yang kedapatan tidak mematuhinya.

Para petugas menyisir berbagai lokasi dari mulai kawasan Sumber, Talun, Plumbon, Weru, dan lainnya. Kemudian dilanjutkan pemeriksaan kendaraan bermotor di Mapolsek Weru.

Kasi Humas Polresta Cirebon, IPTU M. Fadholi, SH menuturkan, sasaran kegiatan KRYD antara lain antisipasi geng motor atau berandalan bermotor, serta antisipasi aksi tawuran antar warga dan antar desa yang diawali dari beda dukungan dalam Pilwu Serentak 2021.

Selain itu, patroli KRYD juga dilaksanakan dalam rangka antisipasi C3, sosialisasi dan edukasi penerapan PPKM Level, protokol kesehatan, serta membubarkan kerumunan masyarakat, baik di tempat umum, fasilitas umum maupun tempat usaha.

“Hasil KRYD ini adalah mengamankan 17 unit sepeda motor, 1 unit mobil, 9 SIM, dan 31 STNK sebagai barang bukti penilangan. Kami juga melakukan pemeriksaan di Mapolsek Weru untuk mengantisipasi pengendara membawa sajam atau lainnya,” ujarnya.

Maraknya tindakan anarkis yang dilakukan geng motor, Polresta Cirebon upayakan tindakan preemtif dengan cara pembinaan kegiatan-kegiatan positif bagi masyarakat atau kelompok masyarakat. Agar mereka tidak ikut melakukan tindakan kejahatan yang meresahkan ataupun mengganggu kamtibmas.

Apalagi sampai mengancam atau menghilangkan nyawa orang lain. Sehingga Polresta Cirebon pun lakukan upaya preventif berupa pengendalian dan pengawasan terhadap lingkungan yang rawan terjadinya perkumpulan kelompok tertentu yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat sekitar, seperti tempat kerumunan anak muda bermotor, club motor dan atau geng motor.

Selain itu, apabila terjadi tindak kejahatan atau menganggu kamtibmas sekitar, Polresta Cirebon akan melakukan tindakan tegas terhadap para pelaku. Karenanya, Polresta Cirebon meminta masyarakat supaya tidak resah/panik.

“Mari kita jaga bersama kamtibmas yang nyaman dan kondusif. Jika masyarakat ingin mengadu tentang gangguan oleh geng motor bisa menghubungi hotline pengaduan 08112497497,” ungkapnya.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *