Indeks

HOAX FALSE CONNECTION JAWA BARAT MENJERIT ANGIN PUTING BELIUNG MENGGILA, RIBUAN RUMAH HANCUR TAK TERSISA

KLARIFIKASI HOAX FALSE CONNECTION JAWA BARAT MENJERIT ANGIN PUTING BELIUNG MENGGILA, RIBUAN RUMAH HANCUR TAK TERSISA

Beredar unggahan video di Youtube pada tanggal 1 April 2024 yang menyebutkan, lewat judul video tersebut, peristiwa angin puting beliung di Jawa Barat.

Judul unggahan video tersebut berbunyi:

JAWA BARAT MENJERIT ANGIN PUTING BELIUNG MENGGILA, RIBUAN RUMAH HANCUR TAK TERSISA.

Video tersebut disertai kumpulan cuplikan kejadian angin kencang dan beberapa bangunan rusak. Pada video tersebut juga disertai suara narator.

CEK FAKTA:
Berdasarkan hasil penelusuran dan pemeriksaan, isi narasi yang dibacakan oleh narator pada video tersebut tidak sesuai dengan judul video. Isi narasi yang dibacakan narator pada video tersebut tidak menyinggung atau menyebutkan angin puting beliung yang terjadi di Jawa Barat sebagaimana klaim judul pada video tersebut.

Setelah dilakukan porses penelusuran dan pemeriksaan, melalui mesin pencarian google, terhadap isi narasi yang dibacakan narator tersebut, ditemukan fakta bahwa isi narasi tesebut adalah artikel berita berjudul “Angin Puting Beliung Terjang Grobogan, Warga: Alhamdulillah Anak Saya Selamat”, yang diterbitkan oleh SINDOnews.com pada Jum’at, 29 Maret 2024.

Artikel tersebut memberitakan dua rumah rusak parah akibat diterjang angin puting beliung yang terjadi di Desa Sugihmanik, Kecamatan Tanggungharjo, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah pada hari Jumat (29/3/2024) sore.

KESIMPULAN:
unggahan video di Youtube pada tanggal 1 April 2024 yang menyebutkan judul video tersebut peristiwa angin puting beliung di Jawa Barat adalah tidak benar, False Connection. Faktanya, Narasi yang dibacakan oleh narator pada video tersebut adalah artikel terkait peristiwa angin puting beliung yang terjadi di Desa Sugihmanik, Kecamatan Tanggungharjo, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Sumber:
– https://bit.ly/3TEoPm1
– https://bit.ly/49p0Rkq

Penulis: SfdEditor: Ss
Exit mobile version