Indeks

Kapolri Pastikan Penanganan Arus Mudik 2024 Berjalan Dengan Baik Serta Menjadi Evaluasi untuk Penanganan Arus Mudik di Tahun 2025

KARAWANG – Polisi Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI dan Menhub RI kembali meninjau jalur KM 70 Tol Cikampek guna memastikan seluruh upaya-upaya penanganan arus mudik 2024 berjalan optimal. Kapolri menyebut puncak arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi sudah terlampaui dengan baik.

 

“Untuk puncak arus mudiknya bisa terlampaui dengan baik,” kata Kapolri saat mengecek kondisi KM 70 Tol Cikampek Utama, Karawang, Jawa Barat, Senin (8/4/2024).

 

Secara umum, kata Kapolri, pelaksanaan arus mudik di jalur tol mulai KM 50 sampai KM 414 Kalikangkung mengalami peningkatan signifikan saat puncak arus. Serta Kapolri juga mengapresiasi manajemen penanganan arus mudik yang sudah berjalan baik apabila dibandingkan tahun 2023 dan 2024.

 

“Tadi dilaporkan bahwa terjadi persebaran, terjadi penambahan jumlah sekitar 6 sampai 7 (persen) dibandingkan mudik tahun 2023. Jadi kalau tahun 2023 itu pada H-3 (puncak arus), kali ini bergeser pada H-4 dengan tingkat puncak arus mudiknya yang turun dan ini tersebar pada hari-hari sebelumnya, Maka tadi didapatkan satu rumusan untuk menghadapi arus mudik pada tahun 2025,” ujarnya.” Ujar Kapolri.

 

Namun, Kapolri juga menyampaikan terkait kecelakaan yang terjadi di KM 58 Tol Jakarta-Cikampek (Japek), pada Senin (8/4/2024) kemarin menjadi evaluasi untuk penanganan arus mudik 2024 serta menghadapi arus balik yang diprediksi terjadi pada tanggal 15 dan 16 April.

 

“Ini tentunya menjadi evaluasi agar kita lebih masif lagi mensosialisasikan terhadap pengemudi khususnya, pengguna jalan khususnya, agar betul-betul mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya,” sambungnya.

Penulis: RSEditor: SS

Ikuti berita Aktual & Faktual Polda Jawa Barat di Google News, klik di sini.

Exit mobile version