Indeks

KLARIFIKASI HOAX – MISLEADING CONTENT SULFUR DIOKSIDA DARI VULKANIK ERUPSI GUNUNG RUANG MENYEBAR KE PULAU JAWA

Beredar sebuah unggahan di Facebook membagikan informasi bahwa dampak erupsi Gunung Ruang di Sulawesi Utara menyebabkan gas SO2 atau Sulfur Dioksida yang berbahaya bagi pernafasan menyebar di pulau Jawa, klaim tersebut dibuktikan dengan peta penyebaran SO2 dari situs Windy.com.

Setelah ditelusuri oleh Pemeriksa Fakta, peta penyebaran tersebut hanya menampilkan model prediksi penyebaran gas Sulfur Dioksida bukan hasil pengamatan langsung BMKG.

Dilansir dari Detik.com, berdasarkan pengamatan BMKG Juanda, di wilayah Jawa Timur tidak terdampak debu vulkanik atau gas Sulfur Dioksida akibat erupsi Gunung Ruang. Hal tersebut telah dibuktikan dengan uji paper test yang menunjukkan hasil yang nihil.

KESIMPULAN :
Postingan yang Sulfur Dioksida Dari Vulkanik Erupsi Gunung Ruang Menyebar Ke Pulau Jawa adalah tidak benar, Misleading Content (Penggunakan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu)

 

Rujukan :

https://www.detik.com/jatim/berita/d-7305132/kata-bmkg-juanda-soal-gas-s02-gunung-ruang-yang-disebut-cemari-jatim

https://turnbackhoax.id/2024/04/30/salah-sulfur-dioksida-dari-vulkanik-erupsi-gunung-ruang-menyebar-ke-pulau-jawa/

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20240422202837-199-1089182/ahli-buka-suara-soal-klaim-gas-so2-gunung-ruang-nyebar-ke-seluruh-ri

Penulis: RSEditor: SS

Ikuti berita Aktual & Faktual Polda Jawa Barat di Google News, klik di sini.

Exit mobile version