Indeks

KLARIFIKASI IPTU RUDIANA BAHWA EKY MASIH HIDUP

Akun Youtube BENANG MERAH pada tanggal 28 Juli 2024 mengunggah sebuah video dengan klaim bahwa Iptu Rudiana klarifikasi bahwa Eky masih hidup. Klaim tersebut diperkuat dengan thumbnail yang menampilkan foto Eky mengenakan pakaian pengantin disertai dengan narasi “Eki masih hidup dan sudah menikah, Rudiana akhirnya diamankan usai mengaku”.

Setelah dilakukan penelusuran, dilansir dari bharata.co.id, foto yang memperlihatkan Iptu Rudiana mengenakan baju tahanan pada thumbnail tersebut identik dengan foto Rafael Alun saat ditetapkan KPK sebagai tersangka pencucian uang. Selain itu, Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu. Salah satu videonya identik dengan unggahan kanal Youtube tvOneNews yang berjudul “DEBAT PANAS! Farhat Abbas vs Pengacara Iptu Rudiana soal Pengakuan Dede” pada menit 1:18 hingga menit 4:30.

Berdasarkan hasil penelusuran, tidak ada informasi bahwa Iptu Rudiana klarifikasi bahwa Eky masih hidup. Justru dalam sebuah konferensi pers Iptu Rudiana mengucapkan sumpah bahkan siap untuk melakukan sumpah pocong demi menangkis kabar dan tuduhan bahwa anaknya tersebut masih hidup. Sehingga dapat disimpulkan bahwa unggahan video di atas adalah konten yang dimanipulasi.

Exit mobile version