Indeks

Polda Jabar Bergerak Cepat Tangani Gempa Garut, Fokus Evakuasi dan Rehabilitasi

Garut, Jawa Barat – Gempa bumi yang mengguncang Garut pada Rabu (18/9/2024) menimbulkan kerusakan dan ketakutan di kalangan masyarakat. Polda Jabar segera bergerak cepat menurunkan pasukannya untuk memberikan bantuan dan menangani dampak bencana.

 

“Saat ini anggota Kepolisian beserta, TNI, BPBD, Forkopimcam dan Desa masih melakukan patroli dan pendataan terhadap bangunan yang rusak maupun warga apabila ada yang terluka. Selain itu juga melakukan evakuasi korban luka dan membantu membersihkan material,” kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Jules Abraham Abast S.I.K.

 

Kombes Pol. Jules menyatakan turus prihatin atas musibah gempa yang terjadi. “Segera ada tahapan – tahapan setelah pasca bencana, seperti dilaksanakannya proses rehabilitasi pasca bencana, dimana memang dilakukan penanganan, yang mengutamakan keselamatan jiwa sehingga memang dilakukan pemetaan terkait dengan korban.” ujarnya.

 

Saat ini, untuk korban – korban yang mengalami luka – luka telah dilakukan pengobatan – pengobatan dan untuk kedepannya tetap dilakukan pendataan, terhadap korban termasuk dengan kerugian – kerugian materil.

 

Untuk para personel yang tergabung dalam Satgas penanganan gempa, tetap akan standby untuk melakukan back up apabila memang dibutuhkan, karena memang personel Polisi yang diturunkan dilengkapi dengan kompetensi untuk penanganan bencana, kemudian juga disiapkan peralatan – peralatan pendukung.

 

Jules menghimbau agar masyarakat tetap waspada menghadapi kondisi bencana ini, karena memang kejadian gempa biasanya berulang. “Kerawanan yang perlu diwaspadai juga terhadap gedung – gedung yang mempunyai kerentanan terhadap kerusakan atau roboh.” katanya.

“Apabila ada informasi terkait kondisi korban maupun kondisi kerusakan ini sebaiknya diinformasikan kepada posko – posko, sehingga para personel yang bertugas segera merespon dengan cepat, terkait dengan keluhan – keluhan masyarakat yang ada.” katanya.

 

“Semoga apa yang telah kita lakukan serta persiapkan ini, dapat bermanfaat bagi masyarakat dan semoga mendapatkan kebaikan ke depan, serta meminimalkan korban juga kerugian materil.” tutup Kabid Humas.

 

Polda Jabar menunjukkan komitmen yang kuat dalam memberikan bantuan dan mendukung proses penanganan bencana gempa di Garut. Mereka berharap agar masyarakat tetap waspada dan bersama-sama mengatasi dampak bencana ini.
Exit mobile version