KLARIFIKASI HOAX MISLEADING CONTENT [SALAH] BENCANA HARI INI BAK KIAMAT, PULAU INDONESIA SEDANG MEMBURUK GELOMBANG DASYAT MELAHAP 3 KOTA PESISIR

Sebuah video beredar menyatakan bahwa Pulau di Indonesia sedang mengalami gelombang dasyat hingga melahap 3 pesisir kota. Video ini diunggah oleh kanal Youtube Gembok Nusantara pada 2 Mei 2024 dan telah dilihat lebih dari 3 ribu tayangan.

Faktanya, narasi yang diangkat dengan pernyataan narator dalam video tidak sesuai. Pernyataan narator ditemukan di laman artikel nasional dan tidak ada informasi bahwa bahwa gelombang tersebut melahap 3 kota pesisir di Indonesia.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pernyataan gelombang tinggi bak kiamat yang melahap 3 kota pesisir diIndonesia pada 2 Mei 2024 tidaklah benar. Isi video hanya membacakan narasi yang ada di laman antaranews yang diunggah pada 3 Februari 2024 dan tidak menyebutkan bahwa gelombang tinggi ini melahap pulau di Indonesia seperti kiamat.

Baca Juga  KALRIFIKASI HOAX - MANIPULATED CONTENT

Setelah dilakukan penelusuran, narasi yang ditulis dengan pernyataan narator tidak sesuai. Pemeriksa fakta di temukan pada laman http://antaranews.com. Artikel yang diunggah pada 3 Februari 2024 dan tertulis bahwa BMKG meminta warga agar mewaspadai gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di perairan wilayah kepulauan. Peringatan ini disampaikan hingga 4 Februari 2024.

https://m.antaranews.com/amp/berita/3946299/bmkg-waspadai-gelombang-tinggi-perairan-kepulauan