Berita  

Kapolda Jabar Pimpin Sertijab 3 PJU dan 8 Kapolres Jajaran

Kapolda Jabar Irjen Pol Akhmad Wiyagus memimpin upacara serah terima Jabatan (sertijab) 3 PJU dan 8 Kapolres Jajaran, yang meliputi pengambilan sumpah jabatan, pelantikan, dan penandatanganan berita acara.

Upacara sertijab berlangsung di Aula Moeryono Mapolda Jabar pada Selasa (16/7/2024) pukul 08.00 WIB.

Tiga pejabat utama Polda Jabar yang berganti, yaitu Direktur Pengamanan Objek Vital (Pamobvit) Polda Jabar Kombes Pol M Hidayat B digantikan oleh Kombes Pol Ferdinan Pasaribu.

Dir Samapta Polda Jabar Kombes Pol Eko Wahyudi Krisgiono digantikan oleh Kombes Pol Ahmad Yanuariinsan. Jabatan lama Penyidik Tindak Pidana Madya Tingkat II Bareskrim Polri. Dan Kabid Propam Polda Jabar Kombes Pol Yohan Priyoto digantikan oleh Kombes Pol Adiwijaya.

Sedangkan Kapolres Jajaran yang mengalami pergantian adalah Kapolres Cimahi AKBP Aldi Subartono digantikan oleh AKBP Tri Suhartanto. Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono digantikan oleh AKBP Edwar Zulkarnain yang sebelumnya menjabat Kapolres Purwakarta.

Tongkat komando Kapolres Purwakarta kini dipegang oleh AKBP Lilik ardhiansyah. Kemudian, AKBP M Fahri Anggia Natua Siregar melepas tongkat komando Kapolres Indramayu dan diberikan kepada AKBP Ari Setyawan Wibowo yang sebelumnya menjabat Kapolres Sukabumi Kota.

Sedangkan Kapolres Sukabumi Kota dijabat oleh AKBP Rita Suwadi. Kepemimpinan di Polres Tasikmalaya Kota pun berganti dari AKBP Bayu Catur Prabowo ke AKBP Haris Dinzah. Kapolres Pangandaran AKBP Imara Utama digantikan oleh AKBP Mujianto yang sebelumnya menjabat Kasubdit 3 Ditreskrimsus Polda Jabar.

Dalam amanatnya, Kapolda Jabar menyebut bahwa kegiatan Sertijab adalah bentuk penghargaan dari pimpinan Polri dalam rangka tour of duty dan tour of area di wilayah.

Dirinya berpesan agar para pejabat baru mengemban amanah jabatan dengan penuh rasa tanggung jawab.

“Pegang teguh penghargaan yang telah diberikan oleh pimpinan Polri kepada kita.”

“Semakin tinggi jabatan, amanah harus kita jaga dengan penuh rasa tanggung jawab, pesan saya layani masyarakat dengan baik, dengan setulus hati ” ujar Kapolda di awal amanat.

Baca Juga  Lawan Arah dan Tak Pakai Helm, Ratusan Pengendara Motor di Bandung Ditilang Polisi

Kapolda turut menyampaikan rasa terimakasih kepada para pejabat utama dan kasatwil yang lama atas pengabdian terbaik yang telah diberikan selama bertugas di Polda Jawa Barat.

Dirinya berpesan agar di kesatuan baru terus memberikan motivasi, berinovasi serta melestarikan capaian kinerja yang telah dilakukan selama bertugas di Polda Jabar.

“Saya ucapkan terimakasih kepada para pejabat lama. Segala upaya dan kinerja dari rekan-rekan telah mewarnai soliditas kesatuan wilayah Jawa Barat.”

“Lestarikan capaian kinerja di tempat baru dengan terus memberi motivasi dan inovasi sebagaimana kinerja yang telah dilakukan di Polda Jawa Barat,” tutur Kapolda.

Kepada para pejabat baru, Kapolda mengucapkan selamat datang dan berpesan agar segera menyesuaikan diri sehingga kemampuan yang dimiliki para pejabat baru dapat memberi warna tersendiri bagi Polda Jabar.

“Kepada para pejabat baru, saya ucapkan selamat datang. Saya yakin dan percaya dengan kemampuan yang saudara miliki akan memberikan warna tersendiri bagi kita semuanya, ” ujarnya.

Ia juga turut berpesan kepada para pejabat baru agar tidak euforia berlebihan terkait serah terima jabatan di wilayah nanti.

“Sebagai pejabat utama, saudara adalah pembina fungsi kewilayahan. Bagi kasatwil, segera pelajari karakteristik di wilayah tugas masing-masing. Tidak usah melakukan euforia berlebihan terkait sertijab.”

“Hal ini agar tidak menimbulkan kegiatan yang kontra produktif di tengah masyarakat” tegasnya.

Selain itu Kapolda Jabar Juga berharap, pejabat yang baru dilantik dapat menjalankan tugas dengan baik serta memiliki kepekaan terhadap perkembangan situasi dan dinamika yang terjadi di masyarakat.

“Untuk mewujudkan kinerja organisasi yang baik, harus didukung oleh sosok pemimpin mumpuni dalam segala aspek, terutama kepemimpinan dengan karakter kuat, visioner, dan mampu menerapkan tindakan kreatif, inovatif, transparan, akuntabel, dan profesional, sesuai kebijakan pimpinan,” kata Kapolda Jabar.