Berita  

Polres Majalengka Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Pilkada Serentak 2024

Avatar photo

Polres Majalengka menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Pilkada Serentak “Operasi Mantap Praja Lodaya – 2024” di Aula Kanya Wasistha Polres Majalengka pada Kamis (15/8/2024). Kegiatan ini dipimpin oleh Pj. Bupati Majalengka Dr. H. Dedi Supandi, M.Si, didampingi Kapolres Majalengka AKBP Indra Novianto, S.I.K., M.H., M.Si., CPHR, Dandim 0617/Majalengka Letkol Inf Dudy Pilianto, S.Pd., M.I.P, serta Kepala Kejaksaan Negeri Majalengka Wawan Kustiawan, S.H.

Rapat koordinasi ini dihadiri oleh berbagai elemen penting seperti Plh. Sekda Kabupaten Majalengka, Unsur Forkopimda Majalengka, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Kepala Badan Kesbangpol, Kepala Kementerian Agama, Kepala Dinas Perhubungan, Kasat Pol PP dan Damkar, Kepala Disdukcapil, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Sosial, Plh. Kepala BPBD, Ketua MUI, Ketua FKUB, PJU Polres Majalengka, Kapolsek Jajaran Polres Majalengka, serta pejabat dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Kapolres Majalengka AKBP Indra Novianto, S.I.K., M.H., M.Si., CPHR, mengawali dengan pantun yang mengundang tawa dan apresiasi dari para peserta, “Pergi ke masjid untuk pengajian, Duduk bersimpuh sambil sholawat. Selamat datang para tamu undangan, Semoga acara ini membawa manfaat.”

Kapolres Majalengka menegaskan pentingnya menjaga kondusivitas selama proses Pilkada Serentak 2024 yang akan dimulai pada 24 Agustus 2024. “Tahapan inti Pilkada Serentak Tahun 2024 merupakan salah satu agenda nasional yang harus kita sukseskan bersama. Kita harus mengawal kondusivitasnya sebagai bentuk upaya dalam mengamankan amanat suara pilihan warga masyarakat Kabupaten Majalengka untuk lima tahun ke depan yang legitimate, demokratis, jujur, dan adil,” ujarnya.

Baca Juga  Satreskrim Polres Indramayu Tangkap Pelaku Tawuran yang Tewaskan Remaja

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres juga mengingatkan potensi kerawanan dalam penyelenggaraan Pilkada, seperti polarisasi sosial, politisasi agama, politik identitas, money politic, black campaign, isu SARA, serta potensi konflik antar pendukung pasangan calon. Untuk itu, Polres Majalengka bersama dengan TNI, instansi terkait, dan Linmas akan mengerahkan satuan tugas untuk mengamankan proses Pilkada di seluruh wilayah Kabupaten Majalengka.

Di akhir sambutannya, Kapolres menutup dengan pantun yang menghibur, “Bunga mawar di jalan raya, Dipetik untuk diberi ke pacar. Cukup sekian sambutan dari saya, Semoga acara berjalan lancar.”

Rapat koordinasi ini diharapkan mampu menunjukkan kesiapan dan komitmen seluruh stakeholder dalam menyukseskan Pilkada Serentak 2024 di Majalengka, dengan mengerahkan segala sumber daya yang ada serta memperkokoh sinergi antara penyelenggara pemilu, TNI, pemerintah daerah, dan mitra keamanan lainnya.