Berita  

Hadapi Pilkada 2024, Polres Cirebon Kota Gelar Simulasi Sispamkota

Kepolisian Resor (Polres) Cirebon Kota bersama Kodim 0614/Kota Cirebon dan Pemerintah Daerah Kota Cirebon menggelar simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dalam rangka Operasi Mantap Praja Sunyaragi 2024 di Pelabuhan Cirebon, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, pada Rabu (14/8/2024).

Kapolres Cirebon Kota, AKBP Muhammad Rano Hadiyanto, S.I.K.,M.M menyampaikan bahwa tujuan dari simulasi ini adalah untuk memastikan kesiapan personel, sarana prasarana, serta metode yang akan diterapkan dalam pengamanan Pilkada 2024.

“Tujuan dari simulasi ini adalah untuk mengecek kesiapan baik itu personil, sarana prasarana, dan metode yang akan kami laksanakan bersama, khususnya dalam rangka Pengamanan Pilkada 2024,” ujar Rano.

Simulasi tersebut melibatkan ratusan personel gabungan dari berbagai instansi dengan berbagai skenario antisipasi gangguan keamanan.

“Kami menampilkan sejumlah skenario, mulai dari situasi yang paling kondusif hingga yang memerlukan penanganan khusus,” jelas Kapolres.

Baca Juga  Polres Indramayu Gelar Olahraga Bersama Dalam Rangka HKGB Ke-72 dan HUT Polwan Ke-76

Ia menambahkan bahwa seluruh tindakan dalam simulasi tersebut dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang berlaku, melibatkan tim negosiator, Dalmas, hingga Brimob.

Kapolres juga berharap agar seluruh pihak yang terlibat dapat bekerja sama dengan baik demi menciptakan suasana Pilkada yang aman, kondusif dan damai.

“Pemerintah Daerah Kota Cirebon bersama Polres Cirebon Kota berkomitmen untuk menjaga keamanan dan kelancaran proses demokrasi ini demi kebaikan bersama,” tegasnya.

Pj Wali Kota Cirebon, H Agus Mulyadi, yang turut hadir dalam simulasi tersebut, meyakini bahwa dengan persiapan matang serta dukungan dari semua pihak, Pilkada 2024 akan berjalan lancar, aman, kondusif, jujur, dan adil.

“Kami harus siap untuk menghadapi segala kemungkinan. Ini menunjukkan komitmen pemerintah daerah dalam memastikan keamanan dan kelancaran Pilkada,” pungkas Agus.