[SALAH] Video Gedung Wakil Rakyat Akhirnya Terbakar

Penjelasan:
Akun Twitter dengan username @H4T14K4LN4L42 membagikan video dengan narasi yang menginterpretasikan bahwa gedung DPR RI akhirnya terbakar. Penyebaran video ini juga menyusul adanya beberapa demo yang dilakukan oleh masyarakat sipil ketika menjelang pendaftaran calon kepala daerah untuk mengikuti pemilu serentak 2024.

Namun setelah diperhatikan video tersebut mirip dengan kebakaran yang terjadi di gedung Kejaksaan Agung RI pada 2020. Untuk memverifikasinya, penelusuran video dilakukan dengan mesin pencarian TikTok dengan kata kunci “Gedung Kejaksaan Kebakaran”, ditemukan video yang serupa dengan postingan Twitter yang menyebarkan hoax tersebut.

Selain itu, juga tidak ditemukan adanya laporan dari pemberitaan valid yang mengabarkan adanya kebakaran gedung Dewan Perwakilan Rakyat yang terbakar selama ramainya aksi demo di akhir bulan Agustus 2024 ini, baik itu di tingkat daerah kota, provinsi, hingga tingkat pusat.

Baca Juga  Berkah Ramadhan, Kapolresta Bogor Kota Berbagi Beras ke Anak Yatim

Dengan demikian, video gedung wakil rakyat akhirnya terbakar adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.