Polresta Cirebon Hadirkan “Police Goes To School” untuk Bentuk Generasi Muda yang Tangguh dan Berintegritas

Cirebon, Jawa Barat – Polresta Cirebon menghadirkan program edukatif “Police Goes To School” di SMK Nasyrul Ulum, Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon, pada Selasa (10/9/2024). Kegiatan ini berlangsung serentak di 27 Polsek di bawah jajaran Polresta Cirebon, dengan tujuan membentuk karakter generasi muda yang tangguh dan berintegritas.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Sumarni, mengatakan program ini bertujuan memberikan pemahaman kepada para siswa tentang berbagai isu penting yang berkaitan dengan kehidupan mereka sehari-hari, seperti stunting, bullying, kenakalan remaja, tawuran antar pelajar, geng motor, bahaya narkoba, serta aturan berlalu lintas.

“Kami berharap melalui kegiatan ini, para siswa dapat memahami pentingnya disiplin di lingkungan sekolah dan di luar sekolah,” ujar Beliau.

Selain itu, penyuluhan tentang bahaya narkoba, kenakalan remaja, serta penggunaan media sosial yang bijak, diharapkan dapat menjadi bekal positif untuk masa depan mereka.

Dalam kegiatan tersebut, beliau juga menekankan pentingnya pendidikan dan pengembangan diri bagi para pelajar agar dapat meraih cita-cita setinggi mungkin. Pihaknya juga berharap seluruh pelajar di Kabupaten Cirebon menjadi generasi emas yang akan memimpin Indonesia di masa depan.

“Kami ingin memastikan anak-anak Cirebon bisa menggapai cita-citanya tanpa terhambat oleh masalah sosial seperti geng motor dan perilaku negatif lainnya. Kami hadir di sini untuk memberikan bimbingan dan memastikan mereka tetap berada di jalur yang benar,” katanya.

Baca Juga  Polres Subang Bagikan Makanan Ringan ke Pendemo saat Unjuk Rasa Kawal Putusan MK

Selain memberikan motivasi, Polresta Cirebon juga mengingatkan para siswa tentang pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas. Para siswa yang belum memiliki izin mengemudi diimbau untuk tidak menggunakan kendaraan bermotor ke sekolah. Mereka juga diingatkan untuk selalu membawa kelengkapan surat-surat saat berkendara dan mengenakan perlengkapan keselamatan.

“Kami berpesan kepada para siswa agar meraih cita-cita mereka dengan bekal iman, ilmu, keterampilan, dan sikap yang baik. Attitude yang positif sangat penting untuk menjadi pemimpin masa depan yang hebat,” ungkapnya.

Program Police Goes To School ini, tidak hanya berfokus pada pencegahan kejahatan dan perilaku menyimpang, tetapi juga mendorong para siswa untuk mengembangkan karakter dan keterampilan yang akan membantu mereka menjadi pemimpin masa depan.

“Dengan program ini, kami berharap bisa mencetak generasi muda yang bukan hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki sikap dan perilaku positif yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila,” pungkasnya.

Program “Police Goes To School” ini menjadi bukti nyata komitmen Polresta Cirebon dalam membangun generasi muda yang berakhlak mulia, berintegritas, dan siap menghadapi tantangan masa depan. Melalui edukasi dan bimbingan yang tepat, diharapkan para siswa dapat tumbuh menjadi pemimpin yang bertanggung jawab dan membawa perubahan positif bagi bangsa.