Bersama Membangun Akhlak Mulia di Pelosok Desa Majalengka

Avatar photo

Dinginnya cuaca tak menghalangi semangat gotong royong warga Blok Sukaraos, Desa Sukamukti, Kecamatan Cikijing, Kabupaten Majalengka, dalam merenovasi masjid Nurrul Hidayah. Meskipun suasana dingin meresap hingga ke tulang, warga tetap bersemangat menjalankan kerja bakti pada Sabtu (5/10/2024).

 

“Udah biasa bagi orang sini mah, Kang. Malah nggak ada dingin-dinginnya Ha-ha-ha,” kelakar salah seorang warga yang ikut kerja bakti. Semangat gotong royong yang kuat terlihat jelas dalam proses renovasi masjid yang telah berdiri sejak tahun 2004 ini.

 

Masjid Nurrul Hidayah yang akan direnovasi total ini diharapkan akan menjadi tempat ibadah yang lebih indah dan nyaman bagi warga sekitar. “Sebelumnya udah ada. Sekarang dibongkar total, pengen diperbaiki aja. Bangun udah lama, tapi masih bagus. Dari 2004 belum diperbaiki,” kata Kadus Sukaraos, Deden Mahnudin Deng.

 

Desain baru masjid ini terinspirasi dari masjid Agung Madaniyah, Karanganyar, Jawa Tengah, yang dibangun dengan konsep dua tingkat.

 

“Untuk desainnya ada yang beda dari sebelumnya, jadi sekarang konsepnya niru sama yang di Karanganyar. Mirip sama masjid yang dibangun sama Pak Jokowi. Mau dibikin dua tingkat ini,” jelasnya.

Baca Juga  Respon Kejadian Penganiayaan Polsek Garut Kota Beserta Unsur Terkait Jemput Terduga Odgj

 

Pembangunan masjid ini merupakan hasil swadaya masyarakat dan sumbangan dari berbagai pihak, termasuk dari Polsek Cikijing yang memberikan bantuan semen.

 

“Kami turun langsung dan memberikan bantuan berupa semen sebanyak 8 sak untuk membantu pembangunan masjid,” ujar Kapolsek Cikijing, AKP Asep Rusmawan.

 

Renovasi Masjid Nurrul Hidayah menjadi bukti nyata bahwa semangat gotong royong masih hidup di tengah masyarakat, khususnya di pelosok desa. Hal ini menunjukkan bahwa nilai-nilai luhur budaya Indonesia, seperti gotong royong, masih dapat diwariskan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu,

Gotong royong dalam renovasi masjid ini merupakan wujud kepedulian masyarakat terhadap tempat ibadah dan semangat menciptakan lingkungan yang harmonis dan berakhlak baik.

 

“Kami berharap dengan adanya renovasi masjid ini masyarakat semakin bersemangat untuk memakmurkan masjid ini,” ucap AKP Asep Rusmawan.