Bioskop Keselamatan, Edukasi Inovatif Satlantas Polres Cimahi

Sejumlah kendaraan yang melintas di Jalan Jenderal Amir Machmud No 451, Kelurahan Karangmekar, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi dikagetkan saat jajaran kepolisian dari Satlantas Polres Cimahi meminta mereka untuk memarkirkan kendaraannya di kawasan BJB Cimahi.

 

Rasa kaget dan raut wajah pucat pun seketika hilang usai petugas Satlantas meminta mereka untuk menonton tayangan video yang berisi edukasi keselamatan berkendara.

 

Selain mendapatkan edukasi penting terkait keselamatan berkendara, para pengendara itu diberikan helm sesuai berstandar dan tas pinggang untuk memudahkan mereka menyimpan barang.

 

“Kaget karena tahu anak saya memang gak pake helm. Tapi ini bagus jadi pembelajaran buat kita,” kata Adi (47) pengendara yang mendapatkan edukasi di Bioskop Edukasi dalam rangka Operasi Patuh Lodaya 2024, Selasa 23 Juli 2024.

 

Adi mengakui baru kali pertama mendapatkan edukasi seperti ini, sehingga ke depan dirinya bakal lebih mengutamakan kelengkapan berkendara demi keselamatan.

 

“Saya tadinya mau nganter anak bimbel, lagi jalan disuruh masuk. Tapi memang bagus untuk kami ke depannya, saya seneng klo polisi punya cara inovatif dalam mengedukasi pengguna jalan dalam berkendara, ucapnya.

 

“Ini baru pertama kali, tapi banyak pelajaran dari video yang ditayangkan tentang kecelakaan lalu lintas, sehingga bisa lebih berhati-hati dalam berkendara, tentunya dengan menggunakan perlengkapan berkendara yang sesuai aturan,” ucapnya.

Baca Juga  Kapolres Subang Gelar Audiensi Bersama Pengurus BEM Nusantara Kabupaten Subang

Sementara itu Kapolres Cimahi AKBP Tri Suhartanto mengatakan, kegiatan ini menjadi salah satu upaya mendukung Operasi Patuh Lodaya yang dilaksanakan mulai 15 hingga 28 Juli 2024.

 

“Salah satu bentuk kegiatan tersebut seperti tadi kita lihat, kita mengedukasi pengguna jalan yang memang melanggar saat berkendara dengan tidak menggunakan helm,” katanya.

 

Kemudian kita perlihatkan dan kita tontonkan video terkait keselamatan berkendara, sehingga mereka pada saat menonton bisa mengetahui pentingnya menggunakan helm sebenarnya bukan untuk orang lain. Tapi untuk pengguna jalan itu sendiri,” jelasnya.

 

Menurutnya, meski sudah berhati-hati namun bila tidak menggunakan kelengkapan berkendara yang lengkap, seperti helm saat terjadi kecelakaan bisa fatal akibatnya.

“Jadi kami mengimbau kepada masyarakat, khususnya masyarakat yang ada di wilayah Cimahi dan KBB, untuk berkendara melengkapi diri dengan kelengkapan yang memang sudah seharusnya, seperti helm, spion dan lainnya,” ujarnya.

 

“Itu bukan untuk orang lain, tapi untuk diri sendiri. Jadi, dengan kita menggunakan kelengkapan yang sudah lebih baik, insyaallah kita berkendara pun akan lebih tenang,” pungkasnya.

Ikuti berita Aktual & Faktual Polda Jawa Barat di Google News, klik di sini.