[CEK FAKTA] JOKOWI PERINTAHKAN PRABOWO AGAR PDIP DAN PKS DIHARAMKAN INJAK ISTANA

Beredar Sebuah video bernarasikan Jokowi perintahkan Prabowo agar PDIP dan PKS diharamkan injak istana beredar dari channel youtube bernama AKTUAL pada 26 April 2024.

Setelah ditelusuri, thumbnail yang ditampilkan dalam video tersebut merupakan hasil manipulasi dari beberapa gambar yang digabung menjadi satu. Video yang ditampilkan hanya menyajikan beberapa cuplikan peristiwa berbeda yang tidak mendukung klaim narasi.

Faktanya dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan pemberitaan terkait klaim narasi yang beredar. Video tersebut hanya berisi gabungan dari beberapa cuplikan video berbeda yang ditambahi dengan narasi menyesatkan.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan ulang artikel dari situs Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia mkri.com berjudul ““Dissenting Opinion” Pertama dalam Sejarah Perkara PHPU Presiden di MK” yang dimuat pada 22 April 2024.

Baca Juga  KLARIFIKASI HOAX FABRICATED CONTENT BI MENGELUARKAN UANG BARU RP. 1.0

Artikel ini membahas tentang dissenting opinion (perbedaan pendapat) setelah sidang pembacaan Putusan Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2024 (PHPU Presiden 2024).

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim narasi yang disebar luaskan oleh channel youtube AKTUAL tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

Penulis: RSEditor: SS

Ikuti berita Aktual & Faktual Polda Jawa Barat di Google News, klik di sini.