Berita  

Detik Detik Proklamasi, Para Pengendara Berhenti Sejenak di Tugu Proklamasi Kota Cirebon

Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, Satlantas Polres Cirebon Kota menghentikan seluruh kendaraan yang melintas di kawasan Tugu Proklamasi, Kota Cirebon, Jawa Barat, pada Sabtu 17 Agustus 2024.

Langkah ini dilakukan tepat pada saat detik-detik proklamasi untuk menumbuhkan rasa patriotisme dan kebanggaan sebagai warga negara Indonesia.

Tepat pukul 10.00 WIB, terdengar suara sirine sebagai simbol peringatan detik-detik proklamasi. Hiruk pikuk kendaraan yang biasanya selalu ramai di kawasan Tugu Proklamasi Kota Cirebon itu mendadak hening.

Para pengendara yang berada di kawasan itu diminta untuk mematikan sementara mesin kendaraannya selama tiga menit.

“Atas perintah pimpinan secara bersama-sama khususnya daerah Jawa Barat melaksanakan detik-detik proklamasi yang intinya pada saat detik-detik proklamasi seluruh pengguna kendaraan khususnya di perempatan-perempatan itu kita menghormati proklamasi untuk meningkatkan rasa patriotisme kita atau rasa kewarganegaraan Indonesia kita,” ungkap Kanit Kamsel Polres Cirebon Kota Ipda M Sofyan.

Baca Juga  Polres Indramayu Berhasil Meringkus Pelaku Penyalahgunaan Narkotika Jenis Sabu

Kanit Kamsel Polres Cirebon Kota mengatakan bahwa upacara detik-detik proklamasi tersebut dipusatkan di Tugu Proklamasi, Kota Cirebon, dengan durasi sekitar 1 menit.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan semangat kebangsaan semakin mengakar dalam diri setiap masyarakat, mengingatkan kembali betapa pentingnya momen proklamasi kemerdekaan bagi kelangsungan bangsa ini.

Ikuti berita Aktual & Faktual Polda Jawa Barat di Google News, klik di sini.