Digeber Knalpot Bising Demonstran, Polwan Tasikmalaya Tetap Profesional

Sorotan tertuju pada aksi demonstrasi yang terjadi di Tasikmalaya, Jawa Barat, pada Kamis (5/9/2024) lalu. Sebuah video yang menunjukkan aksi menggeber sepeda motor di hadapan para polisi wanita (Polwan) beredar luas di media sosial dan menuai beragam perbincangan.

 

Aksi ugal-ugalan ini terjadi di depan gerbang utama Polres Tasikmalaya Kota. Demo para mahasiswa digelar untuk mengutuk tindakan represif kepolisian ketika aksi di acara pelantikan DPRD Kota Tasikmalaya.

 

Dalam video yang beredar, terlihat sejumlah orang mengendarai sepeda motor langsung menuju gerbang utama Mapolres Tasikmalaya Kota. Mengenakan jas berwarna biru, mereka kemudian melakukan manuver zig zag, membunyikan klakson dan menggeber mesin kendaraan.

 

Aksi para mahasiswa ini tak berhenti di situ saja. Salah seorang di antara massa yang membawa motor kemudian mendekati barisan Polwan yang berada di garis paling depan dan langsung melancarkan aksinya yang mengundang perhatian di medsos.

 

Pengendara tersebut seketika menggeber knalpot bisingnya di depan barisan Polwan. Meski aksi ini menarik perhatian, para Polwan sama sekali tak menggubrisnya. Selang beberapa waktu, pengendara ini kemudian beranjak meninggalkan barisan polisi yang berjaga.

Baca Juga  Kabid Humas Polda Jabar : Polres Ciamis Patroli Ke Toserba Yogya Ciamis Cegah Kecurahan Penimbunan Bahan Pokok

 

“Iya kejadian waktu demo PMII, Kamis kemarin,” kata Kasi Humas Polres Tasikmalaya Kota, Ipda Jajang Kurniawan.

 

Ternyata, polisi yang berjaga memang tak mau menggubris aksi geber motor tersebut. Jajang pun menyatakan bahwa polisi saat itu berusaha untuk tidak terpancing dengan aksi mahasiswa tersebut.

 

“Kami fokus untuk mengamankan unjuk rasa tersebut, meski hal itu tentu sangat kami sesalkan,” kata Jajang.

 

Aksi menggeber knalpot di depan barisan Polwan menjadi sorotan dan menuai beragam reaksi di media sosial. Beberapa pihak menilai aksi tersebut sebagai bentuk provokasi dan tidak menghargai petugas yang sedang bertugas. Namun, pihak kepolisian menegaskan bahwa mereka tetap fokus untuk mengamankan jalannya demonstrasi dan tidak terpancing oleh aksi provokatif tersebut.

 

Kejadian tersebut menjadi pengingat pentingnya menjaga ketertiban dan keamanan dalam setiap aksi demonstrasi. Penting bagi para demonstran untuk menyampaikan aspirasinya dengan cara yang tertib

Ikuti berita Aktual & Faktual Polda Jawa Barat di Google News, klik di sini.