GELOMBANG TINGGI NAIK 20 METER MENYAPU HABIS LAUT INDONESIA & RIBUAN WARGA

Beredar sebuah unggahan video di YouTube GEMBOK NUSANTARA yang menyebutkan adanya gelombang tinggi mencapai 20 meter menyapu habis laut Indonesia & Ribuan Warga. Video tersebut diunggah pada 29 April 2024.

Judul Video tersebut berbunyi:

“BENCANA HARI INI~HARI INI GELOMBANG TINGGI NAIK 20 METER MENYAPU HABIS LAUT INDONESIA & RIBUAN WARGA”

CEK FAKTA:
Berdasarkan hasil pemeriksaan dan pengamatan, pada video tersebut terdapat suara narrator yang membacakan artikel berita dari tempo.co dengan judul artikel “BMKG Peringatkan Potensi Gelombang Tinggi Hingga 2.5 Meter di Sejumlah Perairan Indonesia”, yang diterbitkan pada 28 April 2024.

Artikel tersebut menjelaskan peringatan yang disampaikan BMKG terkait potensi gelombang tinggi di sejumlah perairan di Indonesia. Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari Timur laut – Timur dengan kecepatan angin berkisar 6 – 20 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari Timur Laut – Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 8 – 25 knot. Kecepatan angin tersebut menyebabkan peningkatan gelombang setinggi 1,25 – 2,5 meter berpeluang terjadi di sejumlah perairan seperti barat Aceh, perairan Bengkulu – barat Lampung, Samudra Hindia Barat Pulau Sumatra, Selat Sunda bagian barat dan selatan, Laut Jawa bagian tengah dan timur, perairan selatan Pulau Jawa – Pulau Sumba, Selat Bali – Badung – Lombok – Alas bagian selatan, dan Papua Barat.

Baca Juga  Patroli Malam Polres Indramayu Fokus Antisipasi Geng Motor dan Kejahatan Jalanan

BMKG mengimbau masyarakat yang beraktivitas atau menggunakan transportasi laut selalu waspada.

Dari penelusuran artikel berita tersebut tidak ditemukan penjelasan yang menyebutkan adanya gelombang tinggi mencapai 20 meter menyapu habis laut Indonesia & Ribuan Warga.

KESIMPULAN:
Unggahan video yang mengklaim gelombang tinggi mencapai 20 meter dan menyapu habis lautan indonesia dan ribuan warga adalah tidak benar, False Connection.

Rujukan:
https://bit.ly/3WIdWmo
https://bit.ly/3QHXuyr

Penulis: AREditor: SSSumber Berita

Ikuti berita Aktual & Faktual Polda Jawa Barat di Google News, klik di sini.