Jelang Ops Mantap Praja Lodaya 2024, Polres Garut Gelar Rakor Lintas Sektoral

Dalam rangka persiapan pengamanan pemilihan gubernur/wagub, bupati/wabup atau pilkada, Polres Garut menggelar kegiatan rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral Ops Mantap Praja Lodaya 2024. Selasa (06/08/2024).

Rakor ini diselenggarakan di Aula Mumun Surachman Mapolres Garut. Acara tersebut dihadiri oleh berbagai pejabat penting, antara lain Kapolres Garut AKBP Mochamad Fajar Gemilang, S.I.K., M.H., M.I.K., Asda 1 Bidang Pemerintahan (mewakili Pj Bupati Garut) Drs. Bambang Hafid, Kepala Kejaksaan Negeri Garut Dr. Halila Rama Purnama, S.H., M.Hum., Dandenpom III/2/Garut Letkol CPM (K) Wiana Warsanah, S.H., Waka Polres Garut Kompol Dhoni Erwanto S.Si., S.I.K., M.H., M.I.K., Ketua KPU Kab. Garut Dian Hasanudin, S.E., Ketua Bawaslu Kab. Garut Ahmad Nurul Syahid, S.Pd.I., serta perwakilan dari berbagai instansi terkait.

Kapolres Garut dalam sambutannya mengapresiasi kerja sama semua pihak yang telah berkontribusi menjaga kondusifitas daerah. Beliau menjelaskan bahwa operasi Mantap Praja adalah upaya Polri dan seluruh stakeholder untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman selama pelaksanaan pemilukada di Kabupaten Garut.

Baca Juga  Polres Indramayu Berhasil Meringkus Pelaku Penyalahgunaan Narkotika Jenis Sabu

“Rakor ini bertujuan untuk menyelaraskan komunikasi, membangun persepsi yang sama, serta mengevaluasi kesiapan dalam menghadapi pilkada 2024” ujar Kapolres Garut.

Kapolres juga mengingatkan pentingnya sinergi antar instansi dengan memenuhi standar minimum kesiapan, yakni Asta Siap, yang meliputi kesiapan dokumen, posko, pelatihan, kondisi kamtibmas, masyarakat, pers, sarpras, dan anggaran.

Kabag Ops Polres Garut Kompol Maolana, menguraikan langkah-langkah Polres dalam Pengamanan Pilkada 2024 di Garut, termasuk kesiapan administrasi, posko, pelatihan, serta keterlibatan masyarakat.

Kegiatan dilanjutkan dengan paparan mengenai kesiapan pengamanan Pilkada Tahun 2024, dengan tujuan utama menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah Kabupaten Garut. “Diharapkan dengan kegiatan ini dapat meningkatkan koordinasi dan kesiapan seluruh pihak dalam menghadapi pelaksanaan Pilkada 2024 khususnya di wilayah Kabupaten Garut” tutup Kapolres Garut.

Ikuti berita Aktual & Faktual Polda Jawa Barat di Google News, klik di sini.