Berita  

Kapolda Jabar Pimpin Upacara Peringatan Hari Juang Polri

Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Dr. Akhmad Wiyagus, S.I.K., M.Si., M.M., Pimpin Kegiatan Upacara Peringatan Hari Juang Polri Tingkat Polda Jabar, Rabu (21/08/2024) bertempat di Lapangan Upacara Mapolda Jabar. 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Irdam  III Siliwangi, Wakapolda Jabar, PJU Polda Jabar, Para Purnawirawan Polri, dan Para Pamen, Pama, Bintara, Tamtama dan ASN Polda Jabar.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai pengingat peristiwa Proklamasi Polisi yang terjadi pada era kemerdekaan.

Peristiwa bersejarah tanggal 21 Agustus 1945, tentang Proklamasi Polisi merupakan sikap cinta tanah air dan keberanian yang luar biasa dari seorang M. Yasin dan pasukannya yang bertekad menyatukan semangat dan patriotisme.

Hari Juang Polri mengusung tema ‘Dengan Semangat Hari Juang Polri yang Presisi Siap Mengabdi, Demi Terwujudnya Indonesia Emas 2045’

Upacara diawali dengan persiapan dan dilanjutkan dengan masuknya komandan upacara ke lapangan. Setelah itu, Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Dr. Akhmad Wiyagus, S.I.K., M.Si., M.M., selaku inspektur upacara tiba di lapangan, dan upacara pun siap dimulai.

Baca Juga  Hari Pertama Jabat Kapolres Sukabumi, AKBP Dr Samian Tes Urine Seluruh Personel

Acara dibuka dengan menyanyikan Mars Polri, diikuti dengan penghormatan pasukan kepada Inspektur Upacara. Kemudian, dilaksanakan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Inspektur Upacara.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan sejarah singkat Hari Juang Polri, kemudian pembacaan Naskah Proklamasi Polisi oleh Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Dr. Akhmad Wiyagus, S.I.K., M.Si., M.M., selaku Inspektur Upacara yang diikuti oleh seluruh peserta upacara. Sebagai penutup, seluruh peserta upacara menyanyikan Hymne Polri.

Melalui Upacara Peringatan Hari Juang Polri 2024, diharapkan  Polri akan terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Menjadi institusi yang semakin dekat dengan masyarakat, responsif terhadap kebutuhan dan mampu memberikan rasa aman dan nyaman.

“Polri akan terus berupaya mewujudkan Polri yang modern, profesional, dan terpercaya. Dengan semangat yang diwariskan oleh para pendahulu. Mari terus berjuang untuk memperkuat institusi Polri dan meningkatkan citra Polri di mata masyarakat”. tutupnya.