Berita  

Kapolres Indramayu Membuka Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Ops Mantap Praja Lodaya 2024

Kapolres Indramayu, AKBP Ari Setyawan Wibowo, S.H., S.I.K., M.Si., secara resmi membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral Ops Mantap Praja Lodaya Tahun 2024 Polres Indramayu. Kegiatan ini berlangsung di Aula Atmani Wedhana Polres Indramayu. Selasa (6/8/2024)

Dalam kegiatan ini, turut hadir Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina, S.H., M.H., C.R.A., yang diwakili oleh Kabag Hukum Sekda Kab. Indramayu Jafar Abdullah, S.H., M.H., Dandim 0616 Indramayu Letkol Inf Yanuar Setyaga, S.I.P., Kepala Kejaksaan Negeri Indramayu Arief Indra Kusuma Adhi, S.H., M.Hum., Ketua Pengadilan Negeri Indramayu yang diwakili oleh Adrian Anju Purba, S.H., LLM., Ketua Pengadilan Agama Kab. Indramayu Drs. Abdul Rosyid, M.H., Ketua KPU Kab. Indramayu Masykur, M.Pd., Ketua Bawaslu Kab. Indramayu Ahmad Tabroni, S.Pi., PJU Polres Indramayu, Dan Sub Den Pom Indramayu Lettu Cpm Ujang, Dan Pos TNI AL Karangsong Letda Laut (S) Bahrudin, Dan Baterai Tempur-R Kroya Yon Arhanud 14 Lettu Arh Dadang, Kepala Satpol PP dan Damkar Kab. Indramayu Teguh Budiarso, S.Sos, M.Si., yang diwakili oleh Kabid Tibum, Plt Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kab. Indramayu yang diwakili oleh Kabid Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik Adi Purnomo, Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kab. Indramayu yang diwakili oleh Kabid Pencegahan Sutrisno, Kepala Dinas Perhubungan Kab. Indramayu yang diwakili oleh Kabid Lalin Sdr. Rizal Nasution, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Indramayu yang diwakili oleh dr. Titin, Plt Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kab. Indramayu Edi Umaedi, S.P., Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kab. Indramayu yang diwakili oleh Sekdis PA Sdr. Iqbal, Kepala Desk Pilkada Kab. Indramayu, Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Indramayu yang diwakili oleh Sekretaris Sdr. Sudalim, Kabid Linmas Sat Pol PP yang diwakili oleh Muheri Kasi Bina Potensi Masyarakat, Danramil se-Kab. Indramayu, Camat se-Kab. Indramayu, serta Kapolsek Jajaran Polres Indramayu.

Dalam sambutannya, Kapolres Indramayu, AKBP Ari Setyawan Wibowo, menyampaikan bahwa Polres Indramayu akan menggelar Operasi Kepolisian dengan sandi “Ops. Mantap Praja Lodaya” mulai tanggal 21 Agustus 2024.

Pelaksanaan pemungutan suara Pilkada serentak tahun 2024 akan berlangsung pada hari Rabu, tanggal 27 November 2024, yang tinggal 114 hari lagi.

Dalam waktu dekat, tepatnya tanggal 27–29 Agustus 2024, akan dilaksanakan tahap pendaftaran bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Indramayu dari partai politik, karena di Indramayu tidak ada calon dari perseorangan.

“Polres Indramayu dalam rangka persiapan pelaksanaan pengamanan seluruh tahapan Pilkada serentak tahun 2024 menggelar kegiatan silaturahmi dengan penyelenggara pemilu, stakeholder, tokoh agama, dan tokoh masyarakat dengan harapan terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif serta terselenggaranya Pilkada yang damai, aman, dan sejuk,” ujar Kapolres.

Rapat Koordinasi Lintas Sektoral merupakan bagian dari pengelolaan pengamanan dan penyamaan persepsi tentang Ops. Mantap Praja Lodaya sehingga diharapkan dapat berjalan lancar, aman, dan kondusif dengan upaya-upaya preemtif dan preventif dari semua unsur, baik TNI-Polri, Pemerintah Daerah, penyelenggara pemilu, stakeholder terkait, dan elemen masyarakat.

Baca Juga  Kapolda Jabar Pimpin Pengamanan Kunjungan Wakil Presiden RI beserta Ibu Hj. Wury Ma'ruf Amin di Wilayah Jawa Barat

Polres Indramayu juga akan melaksanakan simulasi SISPAMKOTA dengan tujuan melihat kesiapan personel dalam pengamanan masalah dan munculnya kejadian kontijensi pada pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024 khususnya di wilayah Kabupaten Indramayu.

“Pelaksanaan simulasi SISPAMKOTA juga dilakukan untuk menjamin keamanan Pilkada serentak tahun 2024 di mana petugas gabungan dari TNI dan Polri bersama unsur Pemerintah Daerah Kab. Indramayu akan mengelola keamanan supaya pelaksanaan seluruh tahapan Pilkada serentak tahun 2024 berjalan aman, damai, dan tertib,” jelasnya.

Kapolres Indramayu menekankan bahwa Polres Indramayu siap mengamankan seluruh tahapan Pilkada serentak tahun 2024 dengan melibatkan personel Polres dan Polsek jajaran mulai dari tahap persiapan sampai pelaksanaan pemungutan suara hingga rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat TPS, PPS, PPK hingga tingkat KPU, sampai pelantikan Bupati dan Wakil Bupati maupun Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih.

“Potensi kerawanan pada pelaksanaan Pilkada di antaranya polarisasi dukungan masyarakat dalam mendukung calon Bupati dan Wakil Bupati sehingga rentan terjadinya konflik sosial. Oleh karena itu, perlu dilakukan mitigasi dan dikelola dengan baik agar tidak menjadi gangguan nyata yang mengganggu stabilitas kamtibmas di wilayah Kabupaten Indramayu,” tambahnya.

Polres Indramayu beserta Polsek jajaran telah melakukan pemetaan terhadap potensi kerawanan di setiap TPS dengan mempertimbangkan beberapa aspek seperti lokasi TPS, letak geografis, jumlah pemilih dalam TPS, riwayat sejarah konflik, serta ancaman kelompok teroris dan radikal.

“Dari berbagai potensi kerawanan yang telah dipetakan, akan dilakukan upaya penanganan secara profesional dan berkelanjutan. Selain itu, keberhasilan Polri, TNI, dan seluruh elemen dalam pengamanan pemilihan umum dan Pilkada serentak menjadi salah satu referensi penting dalam pengamanan Pilkada serentak tahun 2024,” tegas Kapolres.

Kapolres Indramayu juga menyampaikan bahwa Polri sebagai salah satu unsur dalam tim Sentra Gakkumdu (Penegakan Hukum Terpadu) siap bekerja secara profesional dalam setiap penanganan temuan dan laporan tindak pidana pemilu.

“Saya mengajak seluruh hadirin dan masyarakat untuk bersama-sama TNI-Polri dan Pemerintah Daerah menciptakan suasana yang aman, damai, dan kondusif pada Pilkada serentak tahun 2024. Saya juga berpesan kepada seluruh personel Polres Indramayu dan Polsek jajaran agar senantiasa menjaga netralitas serta meningkatkan soliditas dan sinergitas TNI dan Polri dengan Pemerintah Daerah dan stakeholder terkait sehingga situasi kamtibmas tetap kondusif dan Pilkada serentak tahun 2024 berjalan aman, damai, sejuk, jujur, dan adil sehingga melahirkan pemimpin daerah yang amanah dan dapat mensejahterakan warganya,” tutup AKBP Ari Setyawan Wibowo.

Ikuti berita Aktual & Faktual Polda Jawa Barat di Google News, klik di sini.