Indeks

KLARIFIKASI HOAX FALSE CONTEXT APARAT DATANGI RUMAH MAHASISWA TERKAIT DEMO 1 MARET 2024

Beredar narasi bahwa aparat penegak hukum mendatangi rumah dan kontrakan mahasiswa yang berunjuk rasa pada awal Maret. Sejumlah akun Facebook membagikan narasi itu disertai video berdurasi 1 menit 30 detik. Dalam video, seorang pemuda bernama Jafar dimintai keterangan oleh Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya terkait demonstrasi di depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

CEK FAKTA:
Dilansir dari Tim Cek Fakta Kompas.com, video tersebut disebarkan dengan narasi yang keliru.

Berdasarkan pemberitaan media massa daring, sejumlah organisasi masyarakat dan kelompok relawan menggelar demo, pada Jumat 1 Maret 2024, terkait dugaan kecurangan pemilu.

Tim Cek Fakta Kompas.com menemukan video serupa di kanal YouTube Tribunnews, yang diunggah pada 14 April 2022. Dalam deskripsi video, polisi dari Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya menangkap seorang pemuda bernama Jafar Sodiq. Seperti diberitakan Kompas TV, Jafar dijemput polisi di rumahnya di Depok, Jawa Barat.

Ia ditangkap atas kasus pengeroyokan terhadap seorang polisi lalu lintas, AKP Rudi Wira, saat demo, pada 11 April 2022, di depan Gedung DPR.

KESIMPULAN:
Video itu tidak terkait unjuk rasa mengenai dugaan kecurangan pemilu di DPR, pada Jumat 1 Maret 2024. Faktanya itu adalah Video polisi menangkap terduga pelaku penganiayaan polisi lalu lintas saat demo di depan Gedung DPR, Jakarta Pusat, pada 11 April 2022.

 

Penulis: AREditor: SS

Ikuti berita Aktual & Faktual Polda Jawa Barat di Google News, klik di sini.

Exit mobile version