KLARIFIKASI HOAX – IMPOSTER CONTENT TAUTAN PENYALURAN BANTUAN PKH 2024

Beredar unggahan di Facebook yang menginformasikan adanya Bansos bagi PKH tahun 2024, bagi yang ingin mendapatkan bantuan gratis dapat mengklik tautan yang tercantum pada narasi postingan tersebut. Bansos berupa uang tunai sebesar Rp 500.000, berikut dengan gambar yang menjelaskan tata cara untuk mengetahui penerima BST atau bukan.

Faktanya : Dikutip dari kompas.com, tim cek fakta kompas menelusuri tautan menggunakan WhereGoes yang hasilnya tidak mengarah ke situs resmi Kemensos.

Dilansir dari detik.com, bahwa penerima bansos bisa di cek melalui situs resmi http://cekbansos.kemensos.go.id/ atau melalui aplikasi Cek Bansos yang bisa didapatkan melalui Playstore maupun App Store. Dan pencairan bantuan PKH dilakukan melalui kantor pos terdekat. Sedangkan diberitakan oleh kompas.com bahwa pencairan PKH juga bisa dilakukan dengan transfer secara langsung ke nomor rekening penerima.

Baca Juga  Polres Indramayu Tanam 10.000 Pohon Peringati Hari Bhayangkara ke-78

Selanjutnya, foto yang terdapat dalam unggahan tersebut merupakan foto asli dari instagram @indonesiabaik.id yang diposting pada 12 September 2020. Unggahan yang menginformasikan adanya Bansos bagi PKH tahun 2024 sebesar Rp 500.000 adalah tidak benar, Imposter Content.

Ikuti berita Aktual & Faktual Polda Jawa Barat di Google News, klik di sini.