KLARIFIKASI HOAX – MANIPULATED CONTENT CHINA SANDERA APBN RI 266 MILYAR PER BULAN SELAMA 30 TAHUN

Beredar Sebuah video bernarasikan China sandera APBN RI sebanyak 266 Milyar per bulan selama 30 tahun beredar dari channel youtube bernama AKTUAL pada 29 Juli 2024. Klaim tersebut diperkuat dengan gambar thumbnail yang menampilkan Presiden Jokowi berjabat tangan dengan Presiden China Xi Jinping berlatar belakang kereta cepat Whoosh.

Setelah dilakukan penelusuran, thumbnail yang menampilkan Presiden Jokowi berjabat tangan dengan Presiden China Xi Jinping tersebut merupakan momen ketika keduanya bertemu dalam pertemuan bilateral yang digelar di sela KTT APEC. Pertemuan dihelat di Hotel Stanley, Port Moresby, Sabtu, 17 November 2018.

Gambar aslinya dimuat dalam artikel setkab.go.id dengan judul “Presiden Jokowi Bahas Perdagangan Hingga Ekonomi Digital dengan Presiden Xi Jinping”.

Baca Juga  DIT PAMOBVIT POLDA JABAR MEWAKILI KAPOLDA JABAR MENGHADIRI UNDANGAN HALAL BIHALAL DPD ASITA JABAR

Selain itu, thumbnail yang menampilkan kereta cepat Whoosh tersebut identik dengan gambar yang dimuat dalam artikel detik.com berjudul “Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung Tak Disubsidi, Siapkan Uang Segini”.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari cnnindonesia.com berjudul “Memetik Pelajaran Berharga dari Rugi WIKA, Whoosh dan MRT Jakarta”. Artikel ini membahas tentang permasalahan yang menimpa proyek kebanggan Presiden Jokowi Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) Whoosh yang tak henti-hentinya diterpa masalah mulai dari awal pembangunan hingga sekarang beroperasi.

Dengan demikian, narasi dengan klaim China sandera APBN RI sebanyak 266 Milyar per bulan selama 30 tahun adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

Ikuti berita Aktual & Faktual Polda Jawa Barat di Google News, klik di sini.