Kecepatan respons dan komitmen Polres Ciamis Polda Jabar dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) kembali terlihat. Menindaklanjuti aduan masyarakat melalui Call Center 110 terkait dugaan kegaduhan di kawasan Ruko Pasar Manis Ciamis, sejumlah personel Polres Ciamis bergerak cepat menuju lokasi pada Jumat (27/6/2025) dini hari. Aduan tersebut mengindikasikan adanya potensi gangguan Kamtibmas yang perlu segera ditangani untuk mencegah eskalasi dan memastikan kenyamanan warga.
Informasi yang diterima mengindikasikan adanya kegaduhan yang mengganggu kenyamanan masyarakat di sekitar Ruko Pasar Manis, pusat kota Kabupaten Ciamis. Tanpa menunggu lama, tim gabungan dari Polres Ciamis, terdiri dari anggota Piket Patroli Roda 4 dan Piket Shelter, segera menuju lokasi menggunakan kendaraan dinas Polri. Kehadiran mereka di tengah malam menunjukkan kesiapsiagaan dan komitmen Polri dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, khususnya dalam merespon laporan dan aduan yang masuk.
Kasat Samapta Polres Ciamis Polda Jabar, Iptu Zezen Zaenal Mutaqin, SH., M.M., menjelaskan bahwa tindakan cepat ini merupakan bagian dari strategi quick response Polri dalam menindaklanjuti informasi dan aduan dari masyarakat. “Call Center 110 merupakan bentuk pelayanan Polri guna mempermudah masyarakat dalam memperoleh layanan Kepolisian,” ujar Iptu Zezen. “Upaya ini juga untuk mendeteksi sedini mungkin potensi gangguan Kamtibmas agar tidak sampai meluas dan melebar di masyarakat.”
Iptu Zezen menambahkan, aduan terkait kegaduhan di Ruko Pasar Manis ditanggapi dengan serius. Petugas yang tiba di lokasi langsung berupaya mengatasi kegaduhan tersebut. Selain itu, mereka juga melakukan dialog dengan pengunjung dan warga sekitar untuk memastikan situasi aman dan kondusif. Petugas juga memberikan imbauan kepada pedagang dan masyarakat agar selalu waspada dan tidak ceroboh, serta memperhatikan lingkungan sekitar.
Keberhasilan dalam mengatasi kegaduhan ini menunjukkan efektivitas layanan Call Center 110 dan kesiapsiagaan personel Polres Ciamis dalam menjaga Kamtibmas. Layanan ini terbukti menjadi jembatan komunikasi yang efektif antara masyarakat dan kepolisian, memungkinkan penanganan cepat terhadap potensi gangguan keamanan.
Iptu Zezen berharap peran serta masyarakat dalam menjaga Kamtibmas dapat terus ditingkatkan. “Semoga layanan Call Center 110 ini bisa meningkatkan pelayanan Polri secara prima guna kenyamanan masyarakat,” kata Iptu Zezen. “Besar harapan Polri ke depan semakin menjadi institusi yang dipercaya dan dicintai masyarakat Indonesia.” Dengan adanya kerja sama yang baik antara kepolisian dan masyarakat, diharapkan Kabupaten Ciamis dapat tetap aman, tertib, dan nyaman bagi seluruh warganya. Keberhasilan dalam menangani kegaduhan di Ruko Pasar Manis ini menjadi bukti nyata komitmen Polres Ciamis dalam memberikan pelayanan terbaik dan menjaga keamanan bagi masyarakat.