Berita  

Polres Purwakarta Luncurkan Program Perpustakaan Terapung Untuk Anak-Anak Nelayan Di Waduk Jatiluhur

Purwakarta, Jawa Barat – Dalam upaya mencerdaskan anak-anak nelayan di perairan Waduk Jatiluhur, Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud) Polres Purwakarta, Polda Jawa Barat, telah meluncurkan program unik berupa perpustakaan terapung. Kapal patroli milik Satpolairud disulap menjadi ruang baca yang nyaman dan menarik bagi anak-anak.

Inisiatif ini diluncurkan sebagai bagian dari program unggulan Direktorat Polairud Polda Jawa Barat dan Korpolairud Baharkam Polri untuk meningkatkan budaya gemar membaca di masyarakat pesisir. AKP Darmaji, Kasat Polairud Polres Purwakarta, menyampaikan bahwa program ini bertujuan untuk membantu anak-anak nelayan di Waduk Jatiluhur dalam belajar membaca, menulis, dan berhitung.

“Dengan hadirnya Kapal Baca ini, Satpolairud Polres Purwakarta siap berpartisipasi membantu anak-anak nelayan di Waduk Jatiluhur untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan mereka,” ujar Darmaji. Kepada tim tribratanews, Kamis 5/9/2024.

Baca Juga  Polres Majalengka Ungkap Kasus Pencurian Dengan Pemberatan

Saat patroli, anggota Satpolairud mendampingi anak-anak untuk belajar dan membaca di Kapal Baca. Mereka juga memberikan motivasi kepada anak-anak untuk gemar membaca dan memanfaatkan pengetahuan yang diperoleh untuk kemajuan diri dan bangsa.

Darmaji berharap, program ini dapat menumbuhkan budaya membaca sejak dini. “Dengan membaca, kita dapat menjadi lebih cerdas dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari,” tambahnya.

Program Kapal Baca ini merupakan bukti nyata komitmen Satpolairud Polres Purwakarta dalam mendukung pendidikan dan mencerdaskan anak bangsa. Dengan menyediakan akses terhadap buku dan fasilitas belajar yang nyaman, diharapkan program ini dapat membantu anak-anak nelayan di Waduk Jatiluhur untuk meraih cita-cita dan masa depan yang lebih cerah.