Berita  

Polresta Bandung Bersama KPU dan Bawaslu Awasi Ketat Produksi Surat Suara Pilkada Serentak 2024

Avatar photo

Polresta Bandung bersama KPU Kabupaten Bandung dan Bawaslu melakukan monitoring ketat terhadap proses produksi surat suara untuk Pilkada Serentak 2024 di Jalan Rancaekek, Sawah Dadap, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, pada Kamis (10/10).

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai instansi terkait, termasuk KPU RI, Plh Kasat Pam Obvit Iptu Agus, Kanit I Bid Politik, Pasi Intel Kodim 0624/Kabupaten Bandung, Kakesbangpol, dan Kejaksaan Bale Bandung.

Kapolresta Bandung, Kombes Pol Kusworo Wibowo, menegaskan bahwa pengawasan ini merupakan langkah penting untuk menjaga keamanan dan kelancaran proses pemilu.

“KPU dan pihak terkait melakukan pengawasan ketat terhadap proses pencetakan surat suara, mulai dari pencetakan, penghitungan jumlah, hingga kualitas surat suara yang diproduksi,” jelas Kombes Pol Kusworo di Soreang, Jumat (11/10).

Baca Juga  Tingkatkan Kamseltibcarlantas, Polres Subang Gelar Ops Zebra Lodaya

Keamanan surat suara menjadi prioritas utama. Untuk memastikan keaslian setiap surat suara, berbagai upaya dilakukan, termasuk penerapan pengamanan khusus seperti watermark dan tanda-tanda lainnya untuk mencegah pemalsuan.

“Setelah surat suara selesai diproduksi, mereka akan didistribusikan ke berbagai wilayah sesuai dengan kebutuhan Pilkada,” ujar Kombes Pol Kusworo.

Proses distribusi surat suara juga akan diawasi secara ketat untuk memastikan surat suara sampai di tujuan tepat waktu dan dalam kondisi baik.

“Monitoring ini juga untuk memastikan pesanan surat suara sudah sesuai dengan yang diminta oleh KPU Kabupaten Bandung dan memastikan jadwal penjemputan surat suara untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di wilayah Kabupaten Bandung,” tutup Kombes Pol Kusworo.