Polresta Bandung Gelar Patroli Skala Besar Sinergitas Tiga Pilar Menjelang HUT RI ke-79

Polresta Bandung menggelar Patroli Gabungan Skala Besar yang melibatkan TNI, Polri, dan Pemerintah. Patroli ini bertujuan untuk menjaga situasi kondusif menjelang peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di wilayah Kabupaten Bandung.

Sebanyak 162 personil gabungan dari Polri, TNI, serta Satpol PP dan Dishub terlibat dalam kegiatan ini. Patroli ini dipimpin langsung oleh Plh Kapolresta Bandung, AKBP Maruly Pardede bersama PJU Polresta Bandung dan jajaran Polsek setempat.

AKBP Maruly Pardede menyatakan, patroli ini bersifat preemtif dan preventif, dilaksanakan serentak oleh seluruh Polsek di wilayah hukum Polresta Bandung. Kegiatan ini diharapkan dapat menjamin keamanan masyarakat.

“Rute patroli dimulai dari Mako Polresta Bandung, melintasi Tugu Soreang, hingga Simpang Al Fathu dan kembali lagi ke markas,” ujar Maruly. Jumat, 16 Agustus 2024.

Di samping itu, Polsek jajaran bersama TNI dan Satpol PP juga melaksanakan patroli di wilayah masing-masing untuk mencegah aksi balap liar.

Baca Juga  Polres Garut Gelar Shalat Idul Adha Bersama Dengan Masyarakat

Satuan Patroli Perintis Presisi Polresta Bandung menggelar patroli dialogis pada kelompok yang masih berkumpul larut malam, memberikan himbauan untuk membubarkan diri. Hal ini dilakukan untuk menghindari potensi gangguan keamanan.

Selain itu, Satuan Lalu Lintas, Reskrim, dan Patroli QR ditempatkan di titik-titik rawan untuk mencegah tindak kejahatan seperti pencurian, curanmor, dan tindak kriminal lainnya.

“Patroli dilakukan dengan pendekatan humanis agar masyarakat merasa aman,” terangnya.

Patroli Skala Besar ini merupakan langkah rutin yang dilakukan Polresta Bandung setiap tahun menjelang Hari Kemerdekaan RI. Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan sinergi antara Polri, TNI, dan Pemerintah daerah.

Maruly menegaskan, para personel harus menjalankan tugas dengan ikhlas dan sesuai dengan fungsinya masing-masing.

“Niatkan tugas ini sebagai ibadah,” tutup Maruly kepada anggotanya saat apel.

Dengan adanya patroli ini, Polresta Bandung berharap masyarakat dapat merayakan Hari Kemerdekaan dengan rasa aman dan nyaman

Ikuti berita Aktual & Faktual Polda Jawa Barat di Google News, klik di sini.