Berita  

Polsek Cilawu Monitoring Perbaikan Saluran Irigasi Pasca Bencana Alam Longsor Di Desa Ngamplangsari

Garut – Bhabinkamtibmas Desa Ngamplangsari Polsek Cilawu Polres Garut monitoring kegiatan kerja bakti yang dilakukan di Kampung Kandang Uncal Desa Ngamplang Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut. Kamis (16/06/2024).

Diketahui daerah tersebut mengalami bencana alam tanah longsor sepanjang 40 meter yang merusak sawah milik salah satu warga setempat. Kegiatan tersebut merupakan monitoring kerja bakti lintas Desa antara Desa Ngamplangsari dan Desa Ngamplang.

Kapolsek Cilawu Kompol M. Duhri mengatakan kerja bakti tersebut melingkupi perbaikan saluran irigasi yang mengalami dampak longsor akibat bencana alam.

Saluran irigasi tersebut menjadi sumber air bagi sawah, perkebunan, dan kolam ikan warga Desa Ngamplangsari, namun terputus akibat longsor yang terjadi di sungai Cipejeh, wilayah Desa Ngamplang. Oleh karena itu, masyarakat kedua desa tersebut bahu-membahu melaksanakan perbaikan dengan membuat saluran baru, bendungan sementara menggunakan karung dan tanah, serta melapisi saluran dengan drum sepanjang 50 meter. Selain itu, juga dibuatkan penopang untuk area sekitar longsor.

Baca Juga  Lawan Arah dan Tak Pakai Helm, Ratusan Pengendara Motor di Bandung Ditilang Polisi

Selain itu saluran PDAM yang mengarah ke jalur Garut Kota terputus, Duhri berharap upaya perbaikan ini dapat segera memulihkan kondisi saluran irigasi dan membantu masyarakat dalam memulihkan aktifitas pertanian dan kehidupan sehari-hari mereka.