SIAGA SAR SAT BRIMOB POLDA JABAR ANTISIPASI BANJIR DAN LONGSOR

Dimasa musim yang tidak menentu, kadang panas dan hujan, banyak sekali kejadian-kejadian alam yang tidak terduga seperti banjir , pohon tumbang dan longsor yang sering terjadi di wilayah lembang, di karenakan wilayah lembang menjadi zona pegunungan yang membuat banyak sekali kejadian alam yang terjadi.

Dalam situasi cuaca dan iklim di Indonesia khususnya di Jawa Barat yang tidak menentu,1 SST SAR Kompi 2 Batalyon B Pelopor Sat Brimob Polda Jabar melaksanakan siaga SAR di Mako Cikole Batalyon B Pelopor Sat Brimob Polda Jabar, Senin (8/7/2024)

Melihat perkembangan situasi cuaca yang selalu berubah di wilayah sekitar Mako Cikole Batalyon B Pelopor, personel Sat Brimob Polda Jabar mengantisipasi bencana alam seperti longsor , banjir dan pohon tumbang, dan personel Sat Brimob Polda Jabar selalu siap siaga apabila dibutuhkan sewaktu waktu, dimana anggota dan perlengkapan sudah siap bilamana diperlukan akan cepat bergerak.

Baca Juga  Personel Polsek Panumbangan Datangi TKP Tanah Longsor dan Gotong Royong Bareng Warga

Kegiatan Siaga SAR ini meliputi pengecekan perlengkapan gergaji mesin , KR 2 , dan Perahu karet yang digunakan saat banjir . Tujuan dari pengecekan peralatan SAR supaya alat alat tersebut terawat dan dapat digunakan saat kegiatan SAR membutuhkan.

Dansat Brimob Polda Jabar Kombes Pol Donyar Kusumadji, S.I.K Menambahkan “Daerah Cikole ini berada di tempat yang rawan bencana, seperti sesar Lembang gunung Tangkuban Perahu yang memiliki potensi sangat membahayakan untuk keselamatan Mako Batalyon B Pelopor Sat Brimob Polda Jabar. Daerah lembang memiliki banyak tebing yang rawan akan longor, oleh karena itu anggota harus selalu bersiaga bila mana di turunkan membantu masyarakat ” tuturnya.