Tingkatkan Disiplin Anggota, Propam Polres Ciamis Laksanakan Operasi Gaktibplin Pada Anggota

Polres Ciamis Polda Jabar melaksanakan apel pagi dalam rangka mengecek kesiapan personel sebelum pelaksanaan tugas Kepolisian. Apel ini berlangsung di halaman Makopolres Ciamis, Jalan Jenderal Sudirman No.271, Sindangrasa, Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (12/8/2024).

Berbeda dari apel biasanya, kali ini turut dilaksanakan Operasi Penegakan Ketertiban dan Kedisiplinan (Gaktibplin) personel Polri di Polres Ciamis. Operasi ini dilaksanakan oleh jajaran Seksi Propam Polres Ciamis Polda Jabar.

Operasi Gaktibplin ini dipimpin langsung oleh Kasi Propam Polres Ciamis Polda Jabat Iptu Zezen Zaenal M, SH., M.M., dan melibatkan sejumlah personel Si Propam Polres Ciamis. Tampak personel Polri dengan Baret Biru Muda memeriksa satu persatu peserta apel pagi di halaman Makopolres Ciamis.

Kapolres Ciamis Polda Jabar AKBP Akmal SH., S.I.K., M.H., melalui Kasi Propam Polres Ciamis Polda Jabar Iptu Zezen Zaenal M, SH., M.M., mengatakan, pemeriksaan Gaktiblin ini tidak hanya menyasar ke anggota saja. Tetapi semua personel Polri di Polres Ciamis tak terkecuali para Pejabat Utama Polres Ciamis.

“Kegiatan ini menyasar sikap dan tampang personel yang menggunakan pakaian seragam. Serta kelengkapan diri seluruh personel baik identitas diri dan perlengkapan dinas lainnya,” kata Iptu Zezen Zaenal M.

Baca Juga  Respon Cepat Aduan Masyarakat di Medsos, Polresta Cirebon Amankan Tiga Pengedar OKT

Wakapolres Banjar Polda Jabar mengatakan, pemeriksaan identitas yang dilakukan berupa KTP, KTA, SIM, dan Surat Kendaraan. Terlebih pengecekan kondisi dan kelengkapan administrasi personel pemegang senjata dan kendaraan dinas.

“Jadi sebelum melakukan tindakan maupun peneguran kepada masyarakat yang melanggar, personel sudah melengkapi identitasnya. Ini pun bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan personel dalam betugas dalam menjaga kondusifitas wilayah Kabupaten Ciamis dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” kata Iptu Zezen Zaenal.

Tak hanya pemeriksaan, kata Iptu Zezen Zaenal, pihaknya juga memberikan imbauan kepada setiap personel agar tidak terlibat ataupun coba-coba dengan perjudian online. “Sesuai dengan komitmen Polri, kita akan tindak tegas siapapun yang terlibat dalam tindak pidana perjudian. Hari ini kita lakukan pemeriksaan terhadap setiap anggota sebagai bentuk komitmen memberantas perjudian, dimulai dari internal Polri sebelum menindak ke masyarakat,” ujar Iptu Zezen Zaenal.

Ikuti berita Aktual & Faktual Polda Jawa Barat di Google News, klik di sini.